Kecelakaan merupakan kehendak Sang Kuasa yang tidak bisa kita prediksi kehadirannya. Terjadinya kapan, di mana, dan siapa yang akan mengalaminya, seakan menjadi rahasia-Nya yang tidak dapat kita curi. Kita sebagai manusia hanya bisa berdoa dan berhati-hati agar selalu dalam lindungan-Nya. Berikut 5 Kecelakaan Terhebat di Dunia versi Bimoinbox.

1. Kecelakaan Kereta Metrolink 

Pada 12 September 2008 silam, merupakan salah satu Kecelakaan terburuk di sepanjang sejarah California, 25 orang tewas dalam insiden kecelakaan sebuah kereta api Metrolink dalam misi pengiriman kereta tersebut ke Uni Pasifik di Los Angeles. Diduga kecelakaan tersebut terjadi karena kereta Metrolink tetap melaju pada waktu ada sinyal merah untuk berhenti dikarenakan kelalaian konduktor yang sedang sibuk akan pesan teks. Karena kelalaian yang merenggut korban jiwa tersebut, diperkirakan Metrolink mengalami kerugian $ 500 juta.


2. Tragedi Chernobyl

Tanggal 26 April 1986 merupakan hari dimana dunia menjadi saksi kecelakaan termahal  dan terdahsyat dalam sejarah umat manusia. Chernobyl merupakan bencana yang telah disebut sebagai yang terbesar pada sisi sosial-ekonomi di masa itu. 50% dari luas wilayah Ukraina merasakan dampaknya. Lebih dari 200.000 orang terpaksa diungsikan ke tempat tinggal sementara, dan setidaknya 1,7 juta orang yang secara langsung terkena dampak bencana. Banyak kematian yang tak terelakkan, termasuk orang-orang yang mati karena kanker pada beberapa tahun kemudian yang diperkirakan berjumlah 125.000. Total biaya pembersihan, transmigrasi, dan kompensasi kepada para korban diperkirakan telah menjadi sekitar $ 200 Miliar. Kecelakaan secara resmi dikaitkan dengan adanya kesalahan operasional yang melanggar prosedur dan standar yang diperlukan untuk syarat keselamatan tidak sesuai.


3. Ledakan Pesawat Ulang-alik Columbia

Pesawat ulang-alik Columbia adalah pesawat ulang-alik pertama dalam armada pengorbit NASA. Misi pertamanya berlangsung sejak tanggal 12-14 April, 1981. Pada 1 Februari, 2003, pesawat ini meledak dalam misi ke-28, menewaskan seluruh awaknya yang berjumlah 7 orang. Kejadiannya berlangsung hanya 16 menit sebelum mendarat ke bumi. Total biaya pergi-pulang untuk misi ini adalah US$6,3 miliar, US$500 juta untuk membiayai investigasi kecelakaan, dan US$300 juta untuk pencarian dan penemuan kembali puing berharga. Total biaya kecelakaan ditaksir mencapai 13 miliar dolar Amerika.


4. Prestige Oil

Tumpahan minyak Prestige adalah tumpahan minyak di lepas pantai Galicia disebabkan oleh tenggelamnya kapal tanker minyak 77.000 ton bahan bakar minyak pada tahun 2002. Tumpahan minyak tersebut sampai ribuan kilometer dari garis pantai dan lebih dari seribu pantai di pantai Spanyol dan Perancis, serta menyebabkan kerugian besar bagi industri perikanan lokal. Tumpahan ini adalah bencana lingkungan terbesar dalam sejarah Spanyol. dikarenakan Takut kapalnya akan tenggelam, kapten meminta bantuan untuk menyelamatkan pekerja ke Spanyol, mengharapkan mereka mengirim kapal untuk membawa perkerja ke pelabuhan. Namun, tekanan dari pihak yang berwenang memaksa kapten untuk membawa kapal jauh dari pantai. Kapten juga mencoba untuk mendapatkan bantuan dari Perancis dan Portugis, tetapi mereka juga memerintahkan kapal untuk menjauh dari pantai. Badai yang akhirnya membawa kapal ke dasar lautan, dan melepaskannya 20 juta galon minyak ke laut. Menurut laporan oleh Dewan Pontevedra Economist, total biaya pembersihan adalah sebesar $ 12 miliar (Wikipedia)


5. Titanic

Tragedi kecelakaan Titanic adalah kecelakaan yang paling terkenal di dunia. Dan peristiwa ini juga merupakan kecelakaan paling mahal. Pada tanggal 15 April 1912, Kapal Titanic tenggelam pada pelayaran perdananya dan dianggap sebagai kapal yang paling mewah yang pernah dibangun. Lebih dari 1500 orang kehilangan nyawa ketika kapal bertabrakan dengan gunung es dan tenggelam ke dalam air yang sangat dingin. Biaya kapal sekitar $ 7 juta dan untuk membangun ($ 150 juta dolar di masa sekarang).